Home Top Ad

Emak Uceh Penjual Kerupuk Keliling, Semangatnya Tak Pernah Mlempem

Share:

PESBUKUPDATE - Emak Uceh (83 tahun) warga Kampung Lembanggirang, Rt. 20/08, Desa Lembang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini bekerja sebagai penjual kerupuk.

Di usianya yang kian senja, Emak masih giat mencari rezeki sebagai tukang kerupuk keliling.

Kaki yang pegal dan lutut yang lemas tidak beliau rasa hanya untuk mencari lembaran rupiah yang ia kumpulkan demi menyambung hidupnya sehari - hari.

Emak hanya tinggal dengan seorang cucu perempuannya yang bekerja sebagai buruh serabutan, terkadang bila ada pekerjaan ia dipanggil, baik sebagai buruh cuci maupun buruh serabutan terkadang sang cucu pun ikut membantu emak berjualan kerupuk.

Kerupuk yang dijual emak biasanya emak dapatkan dengan cara membeli dipasar kemudian emak jual kembali secara keliling disetiap kampung.

Pernah emak mengambil kerupuk dari pabriknya langsung, namun karena kendala jenisnya maka emakpun kembali mengambil kerupuk dengan cara membeli dipasar.

Memang, bila emak membeli langsung dari pabriknya harganya berbeda dengan kerupuk yang emak beli dipasar.

Baca juga :


Andhika, Cacat Fisik Bukan Halangan Untuknya Dalam Menghadapi Hidup
Abah Iyes Penjual Sapu Lidi & Gagang Kayu Dari Garut
Hidup Seorang Diri Agar Tidak Menjadi Beban Sang Istri, Abah Aep Masih Semangat Berjualan di Usia Tua

Namun bila dari pabrik langsung, emak hanya dapat kerupuk dengan jenis yang sama tidak seperti bila emak membeli di pasar. emak akan mendapatkan kerupuk berbagai jenis dan tentunya itu disukai pembeli kerupuk emak.

Keuntungan emak dalam berjualan kerupuk hanya sebesar 5 ribu rupiah sampai 10 ribu rupiah saja. sungguh tidak senilai dengan perjuangan emak yang berjualan kerupuk keliling dengan jalan kaki.

Namun begitu emak tetap bersyukur karena berapa pun hasil yang diterima emak, itu adalah rezeki halal dari alloh tuhan semesta alam.

Allah masih menyayangi emak dengan pemberiannya melalui tangan tangan pembeli kerupuk emak.

No comments